LAPORAN KERJA PRAKTEK
WEB PROFIL WISATA TUBING GENDING INDAH MAGELANG
MENGGUNAKAN CODEIGNITER
Disusun Oleh
Nama : Wawan Chahyo Nugroho
Nomor Mahasiswa : 12131294
Program Studi : Teknik Informatika
Jenjang : Strata 1 (S1)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN ILMU KOMPUTER
EL RAHMA
YOGYAKARTA
2018
i
LAPORAN KERJA PRAKTEK
WEB PROFIL WISATA TUBING GENDING INDAH MAGELANG
MENGGUNAKAN CODEIGNITER
Diajukan untuk memenuhi syarat menempuh Skripsi pada Program Studi
Teknik Informatika
Disusun Oleh
Nama : Wawan Chahyo Nugroho
Nomor Mahasiswa : 12131294
Program Studi : Teknik Informatika
Jenjang : Strata 1 (S1)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN ILMU KOMPUTER
EL RAHMA
YOGYAKARTA
2018
ii
iii
iv
PERNYATAAN
Dengan ini saya menyatakan bahwa Laporan Kerja Praktek ini tidak terdapat
karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar Kesarjanaan disuatu Perguruan
Tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang
pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu
dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.
Yogyakarta, 9 Januari 2018
Wawan Chahyo Nugroho
NIM. 12131294
v
HALAMAN MOTO
Janganlah engkau rendahkan cita-citamu, sesungguhnya aku tidak melihat orang
yang lebih malas dari orang yang rendah cita-citanya.
- Umar bin Khattaab -
vi
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, atas Izin
dan Kekuatan-Nya, sehingga penulis mampu menyelesaikan Laporan Kerja Praktek
yang berjudul Web Profil Wisata Tubing Gending Indah Magelang Menggunakan
Codeigniter yang merupakan salah satu mata kuliah yang harus diambil pada
Program Studi Teknik Informatika STMIK EL RAHMA Yogyakarta.
Pada kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada yang
terhormat Bapak Andri Syafrianto, S.Kom., M.Cs. selaku dosen pembimbing Kerja
Praktek yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pemikirannya dengan penuh
ketulusan, kesabaran, perhatian, dan ketelitian dalam memberikan pengarahan kepada
penulis selama menyusun Laporan Kerja Praktek ini.
Akhir kata, semoga karya tulis ini bisa memberikan manfaat khususnya bagi
penulis, dan umumnya bagi para pembaca.
Yogyakarta, 9 Januari 2018
Penulis
vii
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN PERSETUJUAN .................................... Error! Bookmark not defined.
HALAMAN PENGESAHAN ..................................... Error! Bookmark not defined.
PERNYATAAN ........................................................................................................... iv
HALAMAN MOTO ..................................................................................................... v
KATA PENGANTAR ................................................................................................. vi
DAFTAR ISI ............................................................................................................... vii
DAFTAR TABEL ........................................................................................................ ix
DAFTAR GAMBAR .................................................................................................... x
INTISARI .................................................................................................................... xii
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................................. 1
1.1 Latar Belakang Masalah .......................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah ................................................................................................... 2
1.3 Tujuan Penelitian .................................................................................................... 2
1.4 Manfaat Penelitian .................................................................................................. 2
1.5 Metodologi Penelitian ............................................................................................. 2
1.5.1 Metode Pengumpulan Data.................................................................................................. 2
1.5.2 Metode Perancangan Sistem ................................................................................................ 3
1.6 Sistematika Penulisan ............................................................................................. 4
BAB II TINJAUAN PUSTAKA ................................................................................... 5
BAB III LANDASAN TEORI ...................................................................................... 7
3.1 Internet .................................................................................................................... 7
3.2 Website .................................................................................................................... 8
3.3 HTML ..................................................................................................................... 8
3.4 CSS .......................................................................................................................... 8
3.5 PHP ......................................................................................................................... 9
3.6 Javascript ................................................................................................................. 9
3.7 Wampserver ............................................................................................................ 9
3.8 Web Browser ........................................................................................................... 9
3.9 CodeIgniter .............................................................................................................. 9
3.9.1 Model .................................................................................................................................. 10
3.9.2 View .................................................................................................................................... 11
3.9.3 Controller ............................................................................................................................ 11
3.10 Bootstrap ............................................................................................................. 11
3.11 MySQL ................................................................................................................ 12
3.12 Text Editor .......................................................................................................... 12
3.13 Notepad++ ........................................................................................................... 13
3.14 Basis Data ........................................................................................................... 13
3.15 Perancangan Basis Data ...................................................................................... 13
3.15.1 Teknik Normalisasi ............................................................................................................ 14
3.15.2 Relasi Antar Tabel (Entity Relationship) ............................................................................ 15
3.16 Kamus Data ......................................................................................................... 15
3.17 Diagram Alir Data (DAD) .................................................................................. 16
BAB IV RANCANGAN PENELITIAN .................................................................... 18
viii
4.1 Diagram Alir Data (DAD) .................................................................................... 18
4.1.1 Diagram Konteks ................................................................................................................. 19
4.1.2 Diagram Alir Data (DAD) Level 0 ......................................................................................... 20
4.1.3 Diagram Alir Data (DAD) Level 1 Proses Olah Data ............................................................. 21
4.2 Rancangan Basis Data ........................................................................................... 21
4.2.1 Bentuk Tidak Normal .......................................................................................................... 22
4.2.2 Bentuk Normal Pertama (1NF) ........................................................................................... 22
4.2.3 Bentuk Normal Kedua (2NF) ............................................................................................... 23
4.2.4 Relasi Antar Tabel ............................................................................................................... 24
4.2.5 Kamus Data Tabel ............................................................................................................... 25
4.3 Antarmuka ............................................................................................................. 29
4.3.1 Panel Publik ........................................................................................................................ 29
4.3.2 Panel Admin ........................................................................................................................ 32
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ............................................. 36
5.1 Panel Publik .......................................................................................................... 36
5.1.1 Home .................................................................................................................................. 36
5.1.2 About .................................................................................................................................. 36
5.1.3 Paket ................................................................................................................................... 37
5.1.4 Booking ............................................................................................................................... 37
5.1.5 Agenda ................................................................................................................................ 38
5.1.6 Galeri .................................................................................................................................. 38
5.1.7 Blog ..................................................................................................................................... 39
5.1.8 Contact................................................................................................................................ 40
5.2 Panel Admin .......................................................................................................... 40
5.2.1 Dashboard........................................................................................................................... 40
5.2.2 Member .............................................................................................................................. 41
5.2.3 Slider ................................................................................................................................... 42
5.2.4 Artikel ................................................................................................................................. 43
5.2.5 Harga Paket ......................................................................................................................... 44
5.2.6 Moderasi ............................................................................................................................. 45
5.2.7 Inbox ................................................................................................................................... 45
5.2.8 Login ................................................................................................................................... 46
5.2.9 Logout ................................................................................................................................. 46
BAB Vi PENUTUP .................................................................................................... 47
6.1 Kesimpulan ........................................................................................................... 47
6.2 Saran ...................................................................................................................... 47
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................. 48
ix
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 2.1 Tinjauan pustaka ........................................................................................... 6
Tabel 3.1 Kelebihan dan kekurangan MySQL ............................................................ 12
Tabel 3.2 Simbol DAD ............................................................................................... 16
Tabel 4.1 Hubungan external entities dengan I/O ....................................................... 18
Tabel 4.2 Kamus data tabel artikel .............................................................................. 25
Tabel 4.3 Kamus data tabel paket ............................................................................... 26
Tabel 4.4 Kamus data tabel booking ........................................................................... 26
Tabel 4.5 Kamus data tabel slider ............................................................................... 26
Tabel 4.6 Kamus data tabel inbox ............................................................................... 27
Tabel 4.7 Kamus data tabel login ................................................................................ 27
Tabel 4.8 Kamus data tabel groups ............................................................................. 27
Tabel 4.9 Kamus data tabel groups ............................................................................. 28
Tabel 4.10 Kamus data tabel users .............................................................................. 28
x
DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 1.1 Metode waterfall ....................................................................................... 3
Gambar 3.1 Skenario konsep MVC ............................................................................ 10
Gambar 3.2 One to One Relationship ......................................................................... 15
Gambar 3.3 One to Many Relationship ...................................................................... 15
Gambar 3.4 Many to Many Relationship .................................................................... 15
Gambar 4.1 Diagram konteks ..................................................................................... 19
Gambar 4.2 DAD level 0 ............................................................................................ 20
Gambar 4.3 DAD level 1 proses olah data .................................................................. 21
Gambar 4.4 Bentuk tidak normal ................................................................................ 22
Gambar 4.5 Bentuk normal pertama ........................................................................... 23
Gambar 4.6 Bentuk normal kedua .............................................................................. 24
Gambar 4.7 Bentuk relasi antar tabel .......................................................................... 25
Gambar 4.8 Menu utama panel publik ........................................................................ 29
Gambar 4.9 Desain antarmuka home .......................................................................... 30
Gambar 4.10 Desain antarmuka about ........................................................................ 30
Gambar 4.11 Desain antarmuka paket ........................................................................ 30
Gambar 4.12 Desain antarmuka booking .................................................................... 31
Gambar 4.13 Desain antarmuka agenda...................................................................... 31
Gambar 4.14 Desain antarmuka galeri ........................................................................ 31
Gambar 4.15 Desain antarmuka contact ..................................................................... 32
Gambar 4.16 Menu utama panel admin ...................................................................... 32
Gambar 4.17 Desain antarmuka login ......................................................................... 33
Gambar 4.18 Desain antarmuka dokumentasi ............................................................ 33
Gambar 4.19 Desain antarmuka member .................................................................... 34
Gambar 4.20 Desain antarmuka slider ........................................................................ 34
Gambar 4.21 Desain antarmuka artikel ....................................................................... 34
Gambar 4.22 Desain antarmuka harga paket .............................................................. 35
Gambar 4.23 Desain antarmuka moderasi .................................................................. 35
Gambar 4.24 Desain antarmuka inbox ........................................................................ 35
Gambar 5.1 Antarmuka publik home .......................................................................... 36
Gambar 5.2 Antarmuka publik about .......................................................................... 37
Gambar 5.3 Antarmuka publik paket .......................................................................... 37
Gambar 5.4 Antarmuka publik booking...................................................................... 38
Gambar 5.5 Antarmuka publik agenda ....................................................................... 38
Gambar 5.6 Antarmuka publik galeri.......................................................................... 39
Gambar 5.7 Antarmuka publik blog............................................................................ 39
Gambar 5.8 Antarmuka publik contact ....................................................................... 40
xi
Gambar 5.9 Antarmuka admin dashboard .................................................................. 41
Gambar 5.10 Hak akses selain level admin ................................................................ 41
Gambar 5.11 Antarmuka admin member .................................................................... 42
Gambar 5.12 Antarmuka admin slider ........................................................................ 42
Gambar 5.13 Antarmuka admin artikel ....................................................................... 44
Gambar 5.14 Antarmuka admin harga paket .............................................................. 44
Gambar 5.15 Antarmuka admin moderasi .................................................................. 45
Gambar 5.16 Antarmuka admin inbox ........................................................................ 46
Gambar 5.17 Antarmuka admin login ......................................................................... 46
xii
INTISARI
WEB PROFIL WISATA TUBING GENDING INDAH MAGELANG
MENGGUNAKAN CODEIGNITER
Oleh
WAWAN CHAHYO NUGROHO
12131294
Wisata Tubing Gending Indah (WTGI) merupakan obyek wisata yang
berlokasi di Magelang dengan segala potensi yang dimiliki, maka sangat perlu untuk
memperkenalkan potensi tersebut kepada masyarkat secara luas, disamping itu juga
untuk melengkapi daftar destinasi wisata kabupaten Magelang. Namun sangat
disayangkan karena metode promosi yang digunakan masih sebatas Instagram,
sehingga jangkauannya masih kecil, hanya sebatas pengguna Instagram.
Penelitian pembuatan web profil ini dimulai dengan pengambilan data-data di
lapangan dengan metode observasi dan wawancara, kemudian membuat data alir
diagram (DAD) dan desain antarmuka. Setelah itu menentukan kebutuhan software
dan hardware, kemudian membuat prototipe web profil sesuai dengan desain
interface menggunakan CodeIgniter dan Bootstrap. Prototipe aplikasi web profil
masih menggunakan konten dummy guna presentasi kepada pihak pengelola WTGI.
Setelah pihak pengelola menyetujui dengan desain yang direpresentasikan berupa
prototipe, maka tahap berikutnya adalah mengganti konten dummy prototipe menjadi
konten produksi sebagaimana data hasil observasi dan wawancara. Uji coba aplikasi
dilakukan pada pengelola WTGI yang telah ditunjuk sebagai administrator.
Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi company profile berbasis web
yang terdiri dari halaman admin berisi halaman autentikasi, panel slider, panel artikel,
panel booking, panel inbox, panel moderasi, panel paket dan halaman public yang
berisi halaman slider, halaman about, halaman paket, halaman reservasi atau booking,
halaman agenda, halaman contact, dan halaman blog. Web profil ini memungkinkan
WTGI dikenal di internet dan tidak hanya sebatas instagram.
Kata Kunci: company profile, web, codeigniter, bootstrap, internet marketing,
wisata
1
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Penggunaan website sebagai kios informasi dianggap memberi pengaruh
besar dalam pengembangan sebuah perusahaan atau organisasi yang biasa lebih
dikenal dengan company profile. Dengan adanya company profile ini, maka
pelanggan, investor, bahkan konsumen (visitor) dapat mengetahui sebuah
perusahaan atau organisasi dengan lebih efektif dan efisien (Dr. Ir. Jarot S.Suroso,
M.Eng, Skripsi S1, BINUS University, 2015: 1).
Company profile memiliki peranan cukup penting bagi sebuah perusahaan
yang melakukan business to business karena dapat mempresentasikan visi dan
misi perusahaan atau apa yang ingin ditawarkan kepada konsumen. Selain itu
manfaat lain dari company profile sebagai sarana presentasi adalah dapat
mempersingkat pertemuan sehingga klien tidak perlu bertanya secara detail
tentang profil, visi, dan misi perusahaan secara langsung (Khurriyatur, Rosyida,
Thesis, STIKOM Surabaya, 2014: 1).
Company profile merupakan pencitraan dari profesionalitas sebuah
perusahaan yang dapat digunakan sebagai marketing tool yang efektif karena
terdapat unsur visual berupa gambar dan teks, terlebih lagi jika ditambahkan unsur
multimedia yang lain akan membuat desain company profile terlihat lebih menarik
dan dapat membuat klien terkesan. Company profile yang kurang menarik akan
menimbulkan ketidakpercayaan konsumen terhadap suatu perusahaan terutama
penyedia jasa (Khurriyatur Rosyida, Thesis, STIKOM Surabaya, 2014: 1).
Wisata Tubing Gending Indah (WTGI) merupakan obyek wisata yang
berlokasi di Magelang dengan segala potensi yang dimiliki, maka sangat perlu
untuk memperkenalkan potensi tersebut kepada masyarkat secara luas. Namun
sangat disayangkan karena metode promosi yang digunakan masih sebatas
Instagram, sehingga jangkauannya masih kecil, hanya sebatas pengguna
Instagram.
2
1.2 Rumusan Masalah
Wisata Tubing Gending Indah (WTGI) yang beralamatkan di Gadungan,
Pasuruhan, Mertoyudan, Magelang, belum memiliki web profil sebagai company
profile. Sejauh ini media promosi yang digunakan masih sebatas Instagram,
sehingga jangkauannya kecil, hanya sebatas pengguna Instagram.
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah menyediakan company profil berbasis web
sebagai sarana promosi Wisata Tubing Gending Indah (WTGI), agar bisa
menjangkau masyarakat secara luas.
1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah:
1. Memperluas jangkauan promosi Wisata Tubing Gending Indah (WTGI).
2. Meningkatkan profesionalitas pengelolaan Wisata Tubing Gending Indah
(WTGI).
3. Meningkatkan popularitas Wisata Tubing Gending Indah (WTGI).
4. Memudahkan pengelola dalam mempromosikan dan memperkenalkan
potensi-potensi yang dimilik Wisata Tubing Gending Indah (WTGI).
1.5 Metodologi Penelitian
Dalam membuat aplikasi ini, metodologi yang digunakan adalah
pengumpulan data dan perancangan sistem.
1.5.1 Metode Pengumpulan Data
Dalam melakukan penelitian ini penulis mengambil data dengan
menggunakan 2 (dua) metode sebagai berikut.
1. Observasi, yaitu data dikumpulkan dengan cara mengamati secara langsung
dilapangan atau obyek penelitian.
2. Wawancara, yaitu mengadakan tanya jawab kepada petugas atau panitia di
WTGI Magelang.
3
1.5.2 Metode Perancangan Sistem
Dalam mengembangkan aplikasi ini, metode yang digunakan adalah air
terjun (waterfall). “Waterfal adalah metode klasik yang sistematis dan urut”
(Sudarmawan 2007, h. 154).
Gambar 1.1 Metode waterfall
1. Analisis Syarat dan Ketentuan (Requirements definition). Mengumpulkan
apa yang dibutuhkan secara lengkap untuk kemudian dianalisis guna
mendefinisikan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh program yang akan
dibangun. Fase ini harus dikerjakan secara lengkap untuk bisa menghasilkan
desain yang lengkap.
2. Sistem dan Desain Perangkat Lunak (System and software design). Setelah
apa yang dibutuhkan selesai dikumpulkan dan sudah lengkap maka desain
kemudian dikerjakan.
3. Implementasi dan Pengujian Unit (Implementation and unit testing). Desain
program diterjemahkan ke dalam kode-kode dengan menggunakan bahasa
pemrograman yang sudah ditentukan. Program yang dibangun langsung
diuji secara unit, apakah sudah bekerja dengan baik.
4. Integrasi dan Pengujian Sistem (Integration and system testing). Penyatuan
unit-unit program untuk kemudian diuji secara keseluruhan (system testing).
4
5. Operasi dan Pemeliharaan (Operation and maintenance). Mengoperasikan
program di lingkungannya dan melakukan pemeliharaan, seperti
penyesuaian atau perubahan untuk adaptasi dengan situasi yang sebenarnya.
1.6 Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam pengerjaan, maka susunan penulisan laporan
dibuat sebagaimana berikut.
BAB I
PENDAHULUAN.
Berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan
penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian, jadwal
penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA.
Berisi narasumber dan kutipan beberapa kalimat yang
mendukung penelitian ini.
BAB III
LANDASAN TEORI.
Beisi penjelasan atau keterangan yang dipakai dalam
membuat sistem aplikasi ini.
BAB IV
RANCANGAN PENELITIAN.
Berisi penjelasan model perancangan yang akan digunakan
dalam sistem aplikasi ini.
BAB V
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.
Beisi implementasi sistem aplikasi yang telah berhasil
dibuat dan diuji.
BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN.
Berisi kesimpulan dari keseluruhan sistem palikasi yang
dibuat.
5
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Zaman, Asror, Azis, Daniswari, Suryani (2017), Teknik Informatika,
STMIK El Rahma Yogyakarta. Dengan judul WEB PROFIL SMP
MUHAMMADIYAH 2 BAMBANGLIPURO DENGAN FRAMEWORK
LARAVEL. Manfaat dari pembangunan website ini pihak sekolah dapat
memberikan informasi-informasi yang berhubungan dengan Sekolah Menengah
Pertama Muhammadiyah 2 Bambanglipuro kepada masyarakat pada umumnya
maupun warga sekolah pada khususnya secara efektif dan efisien dapat diakses
dimana, kapan dan oleh siapa saja.
Wisata (2016), Manajemen Informatika, STMIK El Rahma Yogyakarta.
Dengan judul PEMBUATAN WEB COMPANY PROFILE PADA PT VIVA
VICTORY PROPERTI yang dapat meningkatkan interaksi masyarakat secara
umum dalam mencari informasi terkait PT. Viva Victory Property.
Putri, Prasetyo, Adytia (2014), Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa
Industri, Universitas Telkom. Dengan judul MEMBANGUN WEB PORTAL
PARIWISATA “GOTRIP” MENGGUNAKAN METODE WATERFALL DAN
FRAMEWORK CODEIGNITER guna membantu wisatawan dalam
merencanakan perjalanan wisata yang tergabung di portal Pasaramai.
Dari penjelasan di atas dapat diringkas ke dalam Tabel 2.1 Tinjauan
pustaka.
6
Tabel 2.1 Tinjauan pustaka
No.
Nama
Judul
Hasil
1.
Zaman, Asror,
Azis,
Daniswari,
Suryani
WEB PROFIL SMP
MUHAMMADIYAH
2
BAMBANGLIPURO
DENGAN
FRAMEWORK
LARAVEL
Warga sekolah dan
masyarakat secara
umum menjadi lebih
mudah dalam mencari
mengakses informasi
terkait SMP
Muhammadiyah 2
Bambanglipuro secara
efektif dan efisien.
2.
Wisata
PEMBUATAN WEB
COMPANY
PROFILE PADA PT
VIVA VICTORY
PROPERTI
Masyarakat secara
umum lebih mudah
dalam mencari
informasi terkait PT.
Viva Victory
Property.
3.
Putri,
Prasetyo,
Adytia
MEMBANGUN
WEB PORTAL
PARIWISATA
“GOTRIP”
MENGGUNAKAN
METODE
WATERFALL DAN
FRAMEWORK
CODEIGNITER
Para wisatawan lebih
mudah dalam
merencanakan
perjalanan wisata
yang tergabung di
portal Pasaramai.
7
BAB III
LANDASAN TEORI
3.1 Internet
Menurut Ahmadi dan Hermawan (2013) internet adalah komunikasi
jaringan global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun
berbeda sistem operasi dan mesin.
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen
Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut
ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka
mendemonstrasikan bagaimana penggunaan hardware dan software komputer
yang berbasis UNIX, dengan menggunakan proyek tersebut kita bisa melakukan
komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar
informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan
menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai
Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada
saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense)
membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan
komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan
nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat yang apabila terjadi
perang, maka dapat dengan mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford
Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di
mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara
umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian
proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara
tersebut ingin bergabung, sehingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya, oleh
sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan
militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer
8
seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan
nama DARPA Internet yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
3.2 Website
Website atau disingkat web, dapat diartikan sekumpulan halaman yang
terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk data digital baik
berupa text, gambar, video, audio, dan animasi lainnya yang disediakan melalui
jalur koneksi internet. Lebih jelasnya, website merupakan halaman-halaman yang
berisi informasi yang ditampilkan oleh browser seperti Mozilla Firefox, Google
Chrome atau yang lainnya (Abdullah, 2015).
3.3 HTML
Menurut Abdullah (2015) HTML singkatan dari Hyper Text Markup
Language, yaitu skrip yang berupa tag-tag untuk membuat dan mengatur struktur
website. Beberapa tugas utama HTML dalam membangun website diantaranya
sebagai berikut:
a. Menentukan layout website.
b. Memformat text dasar seperti pengaturan paragraf, dan format font.
c. Membuat list.
d. Membuat tabel.
e. Menyisipkan gambar, video, dan audio.
f. Membuat link.
g. Membuat formulir.
3.4 CSS
CSS singkatan dari Cascading Style Sheets, yaitu skrip yang digunakan
untuk mengatur desain website. Walaupun HTML mempunyai kemampuan untuk
mengatur tampilan website, namun kemampuannya sangat terbatas. Fungsi CSS
adalah memberikan pengaturan yang lebih lengkap agar struktur website yang
digunakan dengan HTML terlihat lebih rapi dan indah (Abdullah, 2015).
9
3.5 PHP
PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor yang merupakan server-sider
programming, yaitu bahasa pemrograman yang diproses di sisi server. Fungsi
utama PHP dalam membangun website adalah untuk melakukan pengolahan data
pada database. Data website akan dimasukkan ke database, diedit, dihapus, dan
ditampilkan pada website yang diatur oleh PHP (Abdullah, 2015).
3.6 Javascript
Berbeda dengan php yang diproses di sisi server, javascript diproses pada
komputer client. Pemrosesannya yang dilakukan di komputer client, membuat
javascript lebih interaktif dibanding php. Peran javascript dalam membuat website
adalah memberikan efek animasi yang menarik dan interaktifitas dalam
penanganan event yang dilakukan oleh pengguna website (Abdullah, 2015).
3.7 Wampserver
Mengapa Wampserver? Karena software simulasi server local ini bersifat
freesource dan sangat lengkap fiturnya. Aplikasi ini dapat didownload di
http://www.wampserver.com/en/ (Wiswakarma, 2010).
3.8 Web Browser
Web browser digunakan untuk menampilkan hasil website yang telah
dibuat. Web browser yang paling sering digunakan diantaranya Mozilla Firefox,
Google Chrome, dan Safari. Saya sarankan untuk menggunakan lebih dari satu
web browser untuk memastikan desain website dapat tampil sempurna di berbagai
web browser (Abdullah, 2015).
3.9 CodeIgniter
CodeIgniter adalah sebuah framework untuk web yang dibuat dalam format
PHP, yang bersifat open source digunakan untuk membangun aplikasi PHP
dinamis.
10
Tujuan utama pengembangan CodeIgniter adalah untuk membantu
developer dalam membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis web dengan
lebih cepat, karena tidak perlu memulainya dari nol dalam menulis program.
CodeIgniter menyediakan berbagai macam fitur yang handal dalam
membuat aplikasi web kompleks, dalam pengembangan, CodeIgniter sendiri
dibangun dengan konsep MVC (Model, View, Controller) struktur kode yang
dihasilkan menjadi lebih terstruktur dan memiliki standar yang jelas, adapun
komponen-komponen MVC diantaranya (Wiswakarma, 2010).
Gambar 3.1 Skenario konsep MVC
3.9.1 Model
Model merupakan struktur data, secara spesifikasi class model mengandung
fungsi kode yang akan membantu dalam segala proses yang berhubungan dengan
database seperti memasukkan, mengedit, mendapatkan dan menghapus data dalam
database.
11
3.9.2 View
View merupakan informasi yang disampaikan ke pengguna, sebuah View
biasanya berupa halaman web, tetapi dalam CodeIgniter bisa berupa sebuah
fragment halaman seperti header dan footer, view bisa juga berupa RSS atau
sejenis halaman web lainnya.
3.9.3 Controller
Controller bertindak sebagai perantara antara model dan view dan semua
sumber yang dibutuhkan, di dalam controller ini terdapat class-class dan fungsi-
fungsi yang memproses permintaan dari View ke dalam struktur data di dalam
Model.
Controller juga tidak boleh berisi kode untuk mengakses basis data, karena
tugas mengakses basis data sudah menjadi tanggung jawab Model, tugas
Controller adalah menyediakan berbagai variabel yang akan ditampilkan di View,
memanggil model untuk melakukan akses ke basis data, menyediakan penanganan
kesalahan (error handling), mengerjakan proses logika dari aplikasi serta
melakukan validasi atau cek terhadap input.
3.10 Bootstrap
Bootstrap merupakan salah satu framework CSS yang sangat popular di
kalangan pecinta pemrograman website. Dengan bootstrap, proses desain website
tidak dibuat dari nol, sehingga proses desain website lebih cepat dan mudah.
Sejak bootstrap dilengkapi dengan fitur responsive pada tahun 2012,
bootstrap semakin banyak digemari dan semakin banyak ditemui website di
internet yang menggunakan bootstrap dalam desainnya. Dengan fitur responsive
yang disediakan bootstrap, maka website dapat dilihat dala berbagai ukuran layar
seperti smartphone atau tablet dengan desain tetap teratur dan mengikuti ukuran
layar (Abdullah, 2015).
12
3.11 MySQL
Menurut Raharjo (2011) MySQL merupakan Relational Database
Management System (RDBMS) atau (server database) yang mengelola database
dengan cepat menampung dalam jumlah sangat besar dan dapat diakses oleh
banyak user.
Menurut Wahana Komputer (2011) MySQL adalah database server open
source yang cukup popular keberadaannya, dengan berbagai keunggulan yang
dimiliki, membuat software database ini banyak digunakan oleh praktisi untuk
membangun suatu project. Adanya API (Application Programming Interface)
yang dimiliki oleh MySQL memungkinkan berbagai macam aplikasi komputer
yang ditulis dengan berbagai bahasa pemrograman dapat mengakses basis data
MySQL.
Menurut Raharjo (2011) beberapa keunggulan dan kekurangan MySQL
selengkapnya dijelaskan pada Tabel 3.1 Kelebihan dan kekurangan MySQL.
Tabel 3.1 Kelebihan dan kekurangan MySQL
No.
Kelebihan
Kekurangan
1.
Mampu menangani jutaan user
dalam kurun waktu yang
bersamaan.
MySQL memiliki overhead koneksi
rendah. Karakteristik inilah yang
menjadikan MySQL harus bekerja
dengan aplikasi CGI, dimana setiap
request script akan melakukan
koneksi, mengirimkan satu atau
lebih perintah SQL, lalu
memutuskan koneksi lagi.
2.
Mampu menampung lebih dari
50.000.000 record.
3.
Sangat cepat mengeksekusi perintah
sql.
4.
Memiliki user privilage system yang
mudah dan efisien.
5.
MySQL tersedia untuk berbagai
platform, baik Linux, Windows,
Mac, maupun Unix.
3.12 Text Editor
Text editor digunakan untuk menuliskan skrip HTML, CSS, PHP, dan
Javascript. Ada banyak text editor yang dapat digunakan diantaranya Notepad,
Notepad++, Adobe Dreamweaver, dan sebagainya (Abdullah, 2015).
13
3.13 Notepad++
Notepad++ adalah salau satu code editor gratis yang dapat didownload di
http://sourceforge.net/projects/notepad-plus/files/. Alasan menggunakan
Notepad++, karena interfacenya sangat sederhana dan ukuran dari softwarenya
juga kecil, sehingga ringan berjalan di sistem operasi Windows, selain itu juga
nyaman digunakan.
3.14 Basis Data
“A database may be defined as a collection of interrelated data stored
together without harmful or unnecessary redudancy to serve one or more
applications in an optional fashion; the data are stored so that they are
independent of programs with use the data; a common and controlled approach
its used in adding new data and in modifying and retriving existing data within
the database”.
Dengan memahami definisi di atas maka istilah basis data dapat dipahami
sebagai suatu kumpulan data terhubung (interrelated data) yang disimpan secara
bersama-sama pada suatu media, tanpa mengatap satu sama lain atau tidak perlu
suatu kerangkapan data, kalaupun ada maka kerangkapan data tersebut harus
seminimal mungkin dan terkontrol (controlled redundancy), data disimpan
dengan cara-cara tertentu sehingga mudah digunakan / atau ditampilkan kembali;
data dapat digunakan oleh satu atau lebih program-program aplikasi secara
optimal; data disimpan tanpa mengalami ketergantungan dengan program yang
akan menggunakannya; data disimpan sedemikian rupa sehingga proses
penambahan, pengambilan, dan modifikasi data dapat dilakukan dengan mudah
dan terkontrol (Sutanta, 2011).
3.15 Perancangan Basis Data
Menurut Nugroho (2014) basis data adalah kumpulan data, yang dapat
digambarkan sebagai aktivitas dari satu atau lebih organisasi yang berelasi.
Manajemen sistem basis data (database management system DBMS) adalah
14
perangkat lunak yang didesain untuk membantu dalam hal pemeliharaan dan
utilitas kumpulan data dalam jumlah besar.
Tujuan penggunaan basis data adalah untuk menangani masalah seperti.
a. Kecepatan dan kemudahan (speed)
b. Efisiensi ruang penyimpanan (space)
c. Ketersediaan (accuracy)
d. Kelengkapan (availability)
e. Keamanan (completeness)
f. Kebersamaan pemakai (shareability).
3.15.1 Teknik Normalisasi
Menurut Nugroho (2014) normalisasi merupakan suatu proses untuk
mengubah suatu tabel yang memiliki masalah tertentu ke dalam dua buah tabel
atau lebih yang tidak lagi memiliki masalah tersebut.
Dalam proses normalisasi, diperlukan kunci relasi untuk pengaksesan data
dari dalam relasi atau menyusun relasi antar relasi. Kunci relasi merupakan satu
atau gabungan beberapa atribut yang bersifat unik yang dapat digunakan untuk
mengidentifikasi setiap record dalam relasi.
Dalam proses normalisasi juga membutuhkan beberapa tahap sebelum
diimplementasikan dalam program. Tahapan tersebut adalah.
a. Bentuk Tidak Normal (Unormalized Form), yaitu bentuk dimana semua
data dikumpulkan apa adanya tanpa mengikuti aturan-aturan tertentu. Bisa
jadi datanya tidak lengkap dan/atau duplikasi data.
b. Bentuk Normal Pertama (First Normal Form), yaitu bentuk dimana data
yang dikumpulkan menjadi satu field yang sifatnya tidak akan berulang
dan tiap field hanya mempunyai satu pengertian.
c. Bentuk Normal Kedua (Seond Normal Form), yaitu bentuk yang telah
memenuhi kriteria bentuk normal pertama dan field bukan kunci
tergantung secara fungsi pada kunci primer.
15
3.15.2 Relasi Antar Tabel (Entity Relationship)
Menurut Nugroho (2014) relasional adalah bentuk hubungan antara
beberapa data yang dikelompokan dalam sebuah tabel, bentuk hubungan ini
sangat dibutuhkan untuk memperoleh informasi dan dapat mendokumentasikan
berbagai informasi. Relasional merupakan bentuk hubungan antara dua tabel atau
lebih, yang salah satu tabel anggotanya akan memiliki bentuk ketergantungan
yang erat sehingga tidak dapat dipisahkan sendiri-sendiri. Hubungan logis relasi
antar tabel diantaranya.
a. One to One Relationship, yaitu hubungan antara file pertama dengan file
kedua adalah satu berbanding satu.
Gambar 3.2 One to One Relationship
b. One to Many Relationship, yaitu hubungan antara file pertama dengan file
kedua adalah satu berbanding banyak.
Gambar 3.3 One to Many Relationship
c. Many to Many Relationship, yaitu hubungan antara file pertama dengan
file kedua adalah banyak berbanding banyak.
Gambar 3.4 Many to Many Relationship
3.16 Kamus Data
Menurut Nugroho (2014) Kamus Data atau Data Dictionary atau Systems
Data Dictionary adalah katalog fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan
informasi dari suatu sistem informasi. Dengan menggunakan kamus data, analis
sistem dapat mendefinisikan data yang mengalir di sistem dengan lengkap. Kamus
data dibuat pada tahap analisis sistem dan digunakan baik pada tahap analisis
maupun pada tahap perancangan sistem.
16
Pada tahap analisis, kamus data dapat digunakan sebagai alat komunikasi
antara analis sistem dengan pemakai sistem tentang data yang mengalir di sistem,
yaitu tentang data yang masuk ke sistem dan tentang informasi yang dibutuhkan
oleh pemakai sistem. Pada tahap perancangan sistem, kamus data digunakan
untuk merancang input, merancang laporan-laporan dan database.
3.17 Diagram Alir Data (DAD)
Menurut Nugroho (2014) DAD adalah alat yang digunakan untuk
menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan
dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana
data tersebut mengalir atau lingkungan fisik dimana data tersebut akan disimpan.
Simbol-simbol yang sering digunakan dalam DAD dijelaskan pada Tabel
3.3 Simbol DAD.
Tabel 3.2 Simbol DAD
Simbol
Nama
Keterangan
Entity luar (pihak luar)
Merupakan sumber atau
tujuan dari aliran data
dari atau ke sistem. Entity
luar merupakan
lingkungan luar sistem.
Aliran data
Menggambarkan aliran
data dari satu proses ke
proses lainnya.
atau
Proses atau fungsi
Mentransformasikan data
secara umum.
atau
Berkas atau tempat
penyimpanan
Digunakan untuk
menyimpan data atau file.
17
Pedoman dalam penggambaran DAD.
1. Mengidentifikasi semua kesatuan luar (external entity) yang terlibat dalam
sistem.
2. Mengidentifikasi semua input dan output yang terlibat dengan kesatuan luar.
3. Menggambar diagram konteks, yang berfungsi untuk menggambarkan
sistem pertama kali secara garis besar.
4. Menggambar bagan berjenjang yang menggambarkan semua proses yang
ada di sistem.
5. Menggambar sketsa DAD untuk overview diagram (level 0) berdasarkan
proses di diagram berjenjang.
6. Menggambarkan DAD untuk level-level berikutnya, yaitu level 1 dan
seterusnya untuk tiap-tiap proses yang dipecah-pecah sesuai dengan bagan
berjenjangnya.
Kesalahan yang harus dihindari berkaitan dengan proses yaitu:
1. Proses mempunyai input tetapi tidak menghasilkan output (back hole), ada
data masuk tapi tidak ada data keluar.
2. Proses menghasilkan output tapi tidak pernah menerima input (miracle).
18
BAB IV
RANCANGAN PENELITIAN
4.1 Diagram Alir Data (DAD)
Langkah pembuatan DAD dapat dimulai dari.
a. Identifikasi semua kesatuan luar (external entities) yang terlibat dalam
sistem. Kesatuan luar yang digunakan dalam sistem ini adalah Admin dan
User.
b. Identifikasi semua input dan output yang terlibat dengan kesatuan luar.
Tabel 4.1 Hubungan external entities dengan I/O
External entities
Input
Output
Admin
login
Input data admin
Input data slider
Input data artikel
Input data paket
Input status booking
detail admin
detail slider
detail artikel
detail paket
detail booking
detail kotak masuk
detail invoice
Visitor
Input kotak masuk
Input data booking
daftar agenda
detail paket
detail artikel
detail invoice
19
4.1.1 Diagram Konteks
Dalam rangka memperlihatkan gambaran umum tentang interaksi sistem
informasi dengan lingkungan yang sudah ditetapkan.
Gambar 4.1 Diagram konteks
20
4.1.2 Diagram Alir Data (DAD) Level 0
DAD level 0 memberikan pandangan secara menyeluruh mengenai sistem
yang ditangani, menunjukkan tentang fungsi-fungsi utama atau proses yang ada,
aliran data, dan eksternal entity. Pada level ini sudah dimungkinkan adanya data
store yang digunakan.
Gambar 4.2 DAD level 0
21
4.1.3 Diagram Alir Data (DAD) Level 1 Proses Olah Data
DAD level 1 adalah diagram yang menguraikan proses apa yang ada di
dalam diagram level 0.
Gambar 4.3 DAD level 1 proses olah data
4.2 Rancangan Basis Data
Dalam perancangan basis data terdiri dari beberapa tahapan identifikasi
mulai dari bentuk tidak normal, hingga ke tahap normalisasi data sampai didapat
bentuk yang benar-benar normal dan sesuai dengan kebutuhan pengembangan.
22
4.2.1 Bentuk Tidak Normal
Merupakan sekumpulan field yang diperoleh dari metode pengumpulan
data, tidak ada keharusan mengikuti format tertentu, bisa tidak lengkap atau
terduplikasi.
Gambar 4.4 Bentuk tidak normal
4.2.2 Bentuk Normal Pertama (1NF)
Suatu tabel dikatakan dalam bentuk normal pertama bila setiap kolom
bernilai tunggal untuk setiap baris.
artikel
id_artikel
label
judul
isi
booking
id_booking
nm_user
cp_user
tgl_booking
email
group
id_group
name
description
inbox
id_pesan
nama
email
judul
login
paket
id_paket
nm_paket
harga
slider
id
nm_gambar
users
23
Gambar 4.5 Bentuk normal pertama
4.2.3 Bentuk Normal Kedua (2NF)
Pada bentuk normal kedua ini terlebih dahulu harus memenuhi normalisasi
bentuk pertama dan semua atribut bukan kunci memiliki dependensi atau
ketergantungan sepenuhnya terhadap kunci primer, untuk membentuk normal
kedua harus sudah ditentukan kunci field. Kunci field haruslah unik yang dipakai
sebagai pedoman dalam pencarian data dan dapat mewakili atribut yang menjadi
anggota.
Pada normaliasi bentuk pertama dilakukan lagi pemecahan terhadap tabel
yang dirasa masih bermasalah. Pemecahan tabel tersebut bertujuan untuk
mengurangi kerangkapan data, mengoptimalkan redudansi yang tidak bisa
dihilangkan sama sekali karena berguna untuk integritas referensial (seperangkat
aturan yang mengatur hubungan antara kunci primer dengan kunci tamu milik
tabel-tabel yang berada dalam satu basis data relasional untuk menjaga konsistensi
data), mengurangi masalah anomali, dan penentuan ukuran penyimpanan data
untuk mempercepat proses permintaan data.
24
Gambar 4.6 Bentuk normal kedua
4.2.4 Relasi Antar Tabel
Relasional merupakan bentuk hubungan antara beberapa data yang
dikelompokan dalam sebuah tabel, bentuk hubungan antara dua tabel atau lebih,
yang salah satu tabel anggotanya memiliki ketergantungan dengan anggota tabel
lain. Relasi menunjukan adanya hubungan diantara sejumlah entitas. Dalam relasi
antar tabel dimaksudkan adanya hubungan logis antara tabel satu dengan tabel
lainnya.
Keterangan simbol logis yang digunakan pada Gambar 4.7 Bentuk relasi
antar tabel.
a. * : Kunci primer
b. ** : Kunci sekunder
c. : Hubungan relasi one to many
d. : Hubungan relasi many to one
25
Gambar 4.7 Bentuk relasi antar tabel
4.2.5 Kamus Data Tabel
Pada tahap perancangan sistem, kamus data digunakan untuk merancang
input, merancang laporan-laporan dan database. Berikut ini adalah kamus data
sistem web profil WTGI.
a. Kamus Data Tabel Artikel
Nama Tabel : artikel
Kunci Utama : id_artikel
Keterangan : Tabel untuk menyimpan artikel
Tabel 4.2 Kamus data tabel artikel
No.
Nama Field
Tipe Data
Lebar
Keterangan
1
id_artikel
int
20
id artikel
2
label
varchar
30
label artikel
3
judul
varchar
30
judul artikel
4
isi
longtext
isi artikel
5
waktu
datetime
waktu publikasi
26
b. Kamus Data Tabel Paket
Nama Tabel : paket
Kunci Utama : id_paket
Keterangan : Tabel untuk menyimpan data paket
Tabel 4.3 Kamus data tabel paket
No.
Nama Field
Tipe Data
Lebar
Keterangan
1
id_paket
int
2
id paket
2
nm_paket
varchar
15
nama paket
3
harga
int
10
harga paket
c. Kamus Data Tabel Booking
Nama Tabel : booking
Kunci Utama : id_booking
Keterangan : Tabel untuk menyimpan data booking
Tabel 4.4 Kamus data tabel booking
No.
Nama Field
Tipe Data
Lebar
Keterangan
1
id_booking
int
20
id booking
2
nm_user
varchar
30
nama user
3
cp_user
int
20
no. telp/hp user
4
tgl_booking
varchar
30
tanggal booking
5
email
varchar
30
email user
6
paket
int
2
pilihan paket by id
7
jml_peserta
int
10
jumlah peserta
8
status
varchar
10
status booking
d. Kamus Data Tabel Slider
Nama Tabel : slider
Kunci Utama : id
Keterangan : Tabel untuk menyimpan gambar slider
Tabel 4.5 Kamus data tabel slider
No.
Nama Field
Tipe Data
Lebar
Keterangan
1
id
int
3
id gambar
2
nm_gbr
varchar
35
nama gambar
3
tipe_gbr
varchar
10
tipe gamber
4
ket_gbr
text
keterangan gambar
27
e. Kamus Data Tabel Inbox
Nama Tabel : inbox
Kunci Utama : id_pesan
Keterangan : Tabel untuk menyimpan pesan inbox
Tabel 4.6 Kamus data tabel inbox
No.
Nama Field
Tipe Data
Lebar
Keterangan
1
id_pesan
int
10
id pesan
2
nama
varchar
30
nama pengirim
3
email
varchar
20
email pengirim
4
judul
varchar
15
judul pesan
5
pesan
varchar
500
isi pesan
6
tgl
datetime
tanggal terkirim
f. Kamus Data Tabel Login
Nama Tabel : login_attempts
Kunci Utama : id
Keterangan : Tabel untuk menyimpan upaya login
Tabel 4.7 Kamus data tabel login
No.
Nama Field
Tipe Data
Lebar
Keterangan
1
id
int
11
id admin
2
ip_address
varchar
45
ip address admin
3
login
varchar
100
password
4
time
int
11
waktu login
g. Kamus Data Tabel Groups
Nama Tabel : groups
Kunci Utama : id
Keterangan : Tabel untuk menyimpan data groups
Tabel 4.8 Kamus data tabel groups
No.
Nama Field
Tipe Data
Lebar
Keterangan
1
id
mediumint
8
id groups
2
name
varchar
20
nama groups
3
description
varchar
100
deskripsi groups
28
h. Kamus Data Tabel User Groups
Nama Tabel : user_groups
Kunci Utama : id
Keterangan : Tabel untuk menyimpan data user groups
Tabel 4.9 Kamus data tabel groups
No.
Nama Field
Tipe Data
Lebar
Keterangan
1
id
int
11
id user groups
2
user_id
int
11
id user
3
group_id
mediumint
8
id groups
i. Kamus Data Tabel Users
Nama Tabel : users
Kunci Utama : id
Keterangan : Tabel untuk menyimpan data users
Tabel 4.10 Kamus data tabel users
No.
Nama Field
Tipe
Data
Lebar
Keterangan
1
id
int
11
id users
2
ip_address
varchar
45
ip address
3
username
varchar
100
username
4
password
varchar
255
passwrod
5
salt
varchar
255
tempat enkripsi
6
email
varchar
254
email
7
activation_code
varchar
40
kode aktivasi
8
forgotten_password_code
varchar
40
kode lupa
password
9
forgotten_password_time
int
11
waktu lupa
password
10
remember_code
varchar
40
kode pengingat
11
created_on
int
11
waktu
pembuatan
12
last_login
int
11
waktu terakhir
login
13
active
tinyint
1
status aktif /
tidak
14
first_name
varchar
50
nama depan
15
last_name
varchar
50
nama belakang
16
company
varchar
100
nama perusahaan
17
phone
varchar
20
no. HP/Telp.
29
4.3 Antarmuka
Perancangan antarmuka meliputi struktur menu, panel admin dan panel
publik.
4.3.1 Panel Publik
Menu panel publik dijelaskan lebih rinci pada Gambar 4.1 Menu utama
panel publik.
Gambar 4.8 Menu utama panel publik
Halaman home sebagai root atau base secara default akan menampilkan
slider. Sisi atas slider ditampilkan beberapa menu utama seperti.
1. About, untuk menampilkan konten berkaitan dengan sejarah, visi, misi, dan
struktur organisasi pengelola obyek wisata WTGI.
2. Paket, untuk menampilkan konten paket wisata yang disediakan oleh WTGI.
3. Booking, untuk menampilkan formulir pemesanan atau booking.
4. Agenda, untuk menampilkan daftar klien terverifikasi beserta jadwal
kegiatannya.
5. Galeri, untuk menampilkan playlist video youtube dan foto instagram akun
WTGI.
6. Blog, untuk menampilkan konten atau artikel blog.
7. Contact, untuk menampilkan formulir buku tamu, contact person, alamat
dan peta WTGI.
30
Gambar 4.9 Desain antarmuka home
Gambar 4.10 Desain antarmuka about
Gambar 4.11 Desain antarmuka paket
31
Gambar 4.12 Desain antarmuka booking
Gambar 4.13 Desain antarmuka agenda
Gambar 4.14 Desain antarmuka galeri
32
Gambar 4.15 Desain antarmuka contact
4.3.2 Panel Admin
Menu panel admin dijelaskan lebih rinci pada Gambar 4.9 Menu utama
panel admin.
Gambar 4.16 Menu utama panel admin
Halaman Autentikasi sebagai portal pertama yang harus dilalui sebelum
masuk ke panel admin untuk mengakses berbagai macam menu dan fitur yang
tersedia. Pihak terkait harus memasukkan email dan password yang sudah
didaftarkan sebelumnya, jika autentikasi berhasil maka pihak terkait secara default
disuguhkan dengan halaman dokumentasi atau petunjuk praktis penggunaan
aplikasi ini. Menu utama admin yang tersedia di sidebar diantaranya seperti.
1. Member, untuk mengelola daftar anggota pengelola website WTGI.
2. Slider, untuk mengelola gambar slider yang mana ditampilkan di halaman
public.
33
3. Artikel, untuk mengelola artikel, baik artikel about, paket, maupun blog.
4. Harga paket, untuk mengelola jenis dan harga paket.
5. Moderasi, untuk mengelola daftar transaksi booking.
6. Inbox, untuk mengelola pesan masuk dari tamu.
7. Logout, untuk keluar dari panel admin.
Gambar 4.17 Desain antarmuka login
Gambar 4.18 Desain antarmuka dokumentasi
34
Gambar 4.19 Desain antarmuka member
Gambar 4.20 Desain antarmuka slider
Gambar 4.21 Desain antarmuka artikel
35
Gambar 4.22 Desain antarmuka harga paket
Gambar 4.23 Desain antarmuka moderasi
Gambar 4.24 Desain antarmuka inbox
36
BAB V
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
5.1 Panel Publik
Panel publik merupakan antarmuka pengguna yang berfungsi
menghubungkan antara pengguna (visitor) dengan sistem aplikasi web profil,
menyediakan berbagai macam informasi seputar WTGI yang dapat dikonsumsi
oleh publik, juga menyediakan beberapa formulir yang dapat digunakan untuk
berinteraksi seperti booking, contact, dan komentar di blog.
5.1.1 Home
Antarmuka home menonjolkan gambar-gambar unggulan, dipresentasikan
dalam bentuk slider ukuran penuh, memungkinkan menarik perhatian dan minat
pengguna (visitor) untuk mengunjungi obyek tersebut.
Gambar 5.1 Antarmuka publik home
5.1.2 About
Antarmuka about menonjolkan informasi seputar sejarah berdirinya WTGI,
visi, misi dan struktur organisasinya.
37
Gambar 5.2 Antarmuka publik about
5.1.3 Paket
Antarmuka paket menonjolkan informasi seputar paket, harga paket, dan
fasilitas yang disediakan. Halaman ini menjadi acuan bagi pengguna (visitor)
dalam menentukan pilihan paket saat booking.
Gambar 5.3 Antarmuka publik paket
5.1.4 Booking
Antarmuka booking menyediakan formulir yang memungkinkan pengguna
(visitor) melakukan reservasi terhadap barang dan jasa yang tersedia, dalam hal
ini adalah paket wisata tubing gending indah magelang.
38
Gambar 5.4 Antarmuka publik booking
5.1.5 Agenda
Antarmuka agenda menyediakan daftar informasi seputar klien / tamu yang
telah memenuhi kriteria transaksi booking. Informasi tersebut meliputi nama
tamu, hari, tanggal dan waktu booking mereka.
Gambar 5.5 Antarmuka publik agenda
5.1.6 Galeri
Antarmuka galeri menyediakan informasi multimedia seperti playlist video
channel youtube dan koleksi foto instagram milik WTGI. Memperkuat daya tarik
WTGI terhadap pengguna (visitor), memungkinkan WTGI lebih dikenal di mesin
pencari maupun sosial media.
39
Gambar 5.6 Antarmuka publik galeri
5.1.7 Blog
Antarmuka blog memiliki fungsi beragam, mulai dari catatan harian, media
publikasi dalam kampanye produk atau jasa, sampai dengan even khusus sebuah
badan usaha. Hal ini memungkinkan WTGI lebih luas dalam menjangkau
pengguna (visitor), karena setiap konten unik pada blog ini memiliki daya tarik
tersendiri di mata mesin pencari.
Antarmuka blog juga dilengkapi dengan media khusus untuk berkomentar,
memungkinkan pengguna (visitor) mengutarakan pendapat mereka. Hal ini dapat
menjalin keakraban antara WTGI dengan pengguna (visitor).
Gambar 5.7 Antarmuka publik blog
40
5.1.8 Contact
Antarmuka contact memiliki fungsi khusus dan formal, media dimana
pengguna (visitor) dapat mengutarakan keluhan, kritikan, saran, maupun
pertanyaan pertanyaan-pertanyaan penting terkait produk dan jasa WTGI.
Jumlah karakter pada formulir pesan kami batasi maksimal 500, hal ini
sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan terhadap penyalahgunaan seperti spam.
Gambar 5.8 Antarmuka publik contact
5.2 Panel Admin
Panel admin merupakan antarmuka pengguna (administrator) yang
memungkinkan untuk melakukan kontrol dan manajemen terhadap konten web
profil WTGI. Hanya orang-orang dengan kriteria tertentu yang diperbolehkan
masuk ke panel ini.
5.2.1 Dashboard
Saat Anda berhasil masuk ke panel Administrator, maka secara default
halaman ini akan ditampilkan kepada Anda. Sebuah halaman bantuan yang berisi
petunjuk praktis penggunaan fitur-fitur yang tersedia di aplikasi ini. Anda dapat
menggunakan tombol Toggle Menu & CTRL+F untuk membantu Anda
melakukan pencarian cepat.
41
Gambar 5.9 Antarmuka admin dashboard
5.2.2 Member
Adalah menu yang memungkinkan Anda menambahkan anggota sebagai
partner dalam mengelola web atau menonaktifkan anggota yang sudah tidak
memenuhi kriteria.
Setiap anggota mempunyai tingkatan (level). Admin merupakan level
tertinggi dan memiliki hak akses penuh atas semua fitur yang tersedia di web
profil ini.
Jika level Anda bukan Admin, maka fitur yang dapat digunakan adalah
sebagai berikut.
Gambar 5.10 Hak akses selain level admin
Selebihnya tidak ada respon atau akan ditampilkan pesan error jika Anda
memaksa ingin menonaktifkan atau menghapus member tertentu.
42
Gambar 5.11 Antarmuka admin member
5.2.3 Slider
Adalah menu yang memungkinkan Anda mengunggah foto sebagai slider
halaman publik. Format yang diijikan adalah gif, jpg, png. Dimensi yang
direkomendasikan adalah 1900x1080. Size yang direkomendasikan adalah kurang
dari 4MB.
Gambar 5.12 Antarmuka admin slider
43
5.2.4 Artikel
Adalah menu yang memungkinkan Anda menulis artikel about, paket, blog,
maupun alamat.
Penggunaan label
1. about, digunakan khusus untuk halaman about. Jumlah artikel hanya
diperbolehkan 1.
2. paket, digunakan khusus untuk halaman paket. Jumlah artikel
diperbolehkan lebih dari 1.
3. address, digunakan khusus untuk menulis alamat di halaman contact.
Jumlah artikel hanya diperbolehkan 1.
Selain ketiga label diatas, Anda dapat secara bebas menggunakan label lain untuk
artikel di halaman blog. Jumlah artikel diperbolehkan lebih dari 1.
Insert Image
Maximum file size 1.5MB (via komputer local / media penyimpanan local)
dan tidak terbatas (via image URL).
Kelola Artikel
Scroll ke bawah untuk melihat daftar artikel yang telah dibuat.
1. Search box, digunakan untuk mensortir artikel, dengan cara memasukkan
keyword yang dikehendaki sebagai pendekatan.
2. Tombol Lihat, digunakan untuk meninjau / melihat artikel secara detail
layaknya tampilan public.
3. Tombol Edit, digunakan untuk mengedit artikel, berlaku untuk judul, label,
dan isi/konten.
4. Tombol Delete, digunakan untuk menghapus artikel.
5. Tombol Top, digunakan untuk kembali ke bilah atas bagian form artikel,
jika Anda menghendaki menambah artikel.
44
Gambar 5.13 Antarmuka admin artikel
5.2.5 Harga Paket
Adalah menu yang memungkinkan Anda mengatur daftar paket beserta
harganya.
Ketentuan :
1. Nama Paket, direkomendasikan penamaan tidak lebih dari 2(dua) kata.
2. Harga Paket, hanya boleh memasukan angka. Dilarang menggunakan titik(.)
atau koma(,) sebagai tanda pemisah angka.
3. ID Paket, hanya disediakan 10 ID, artinya jumlah paket hanya dibatasi max
10. ID yang sudah digunakan tidak dapat digunakan kembali, dengan kata
lain Anda tidak dapat memilih ID yang sama untuk paket lain.
Gambar 5.14 Antarmuka admin harga paket
45
5.2.6 Moderasi
Adalah menu yang memungkinkan Anda mengontrol transaksi booking,
mana yang layak dan tidak layak ditindaklanjuti.
Transaksi booking yang baru masuk akan berstatus Pending, maka yang
perlu Anda lakukan adalah.
1. Tombol Print, gunakan tombol ini untuk mencetak invoice dan
mengirimkannya kepada pihak terkait via whatapps, email, atau media lain
yang memungkinkan.
2. Pending, tekan tombol ini sehingga menjadi Approved, jika pihak terkait
tuntas melakukan pembayaran, maka layak dimasukkan ke Agenda.
3. Tombol Delete, gunakan tombol ini jika pihak terkait tidak tuntas
melakukan pembayaran.
Gambar 5.15 Antarmuka admin moderasi
5.2.7 Inbox
Adalah menu yang memungkinkan Anda melihat pesan masuk dari tamu.
Anda juga dapat mempelajari pola interaksi mereka dari sini, menentukan
jawaban yang tepat untuk FAQ, atau bisa juga sebagai list building untuk
kepentingan marketing. Selain itu, Anda juga dapat membalas pesan mereka
dengan cara klik alamat email mereka.
Tombol Delete, gunakan tombol ini untuk menghapus pesan masuk yang
tidak relevan.
46
Gambar 5.16 Antarmuka admin inbox
5.2.8 Login
Antarmuka yang memungkinkan Anda masuk ke panel administrator, hanya
anggota terdaftar yang dapat menggunakan.
Gambar 5.17 Antarmuka admin login
5.2.9 Logout
Adalah menu yang memungkinkan Anda keluar dari panel Administrator.
Pastikan selalu logout jika aktifitas Anda mengelola web dirasa cukup.
47
BAB VI
PENUTUP
6.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini berdasarkan studi kasus
Wisata Tubing Gending Indah Magelang adalah.
1. Wisata Tubing Gending Indah Magelang menjadi memiliki web profil.
2. Jangkauan promosi Wisata Tubing Gending Indah (WTGI) menjadi lebih
luas dengan adanya web profil, karena memiliki kesempatan berpartisipasi
dalam mesin pencari.
3. Meningkatkan profesionalitas pengelolaan Wisata Tubing Gending Indah
(WTGI).
4. Meningkatkan popularitas Wisata Tubing Gending Indah (WTGI).
5. Memudahkan pengelola dalam mempromosikan dan memperkenalkan
potensi-potensi yang dimilik Wisata Tubing Gending Indah (WTGI) kepada
khalayak.
6.2 Saran
Saran yang dapat diberikan peneliti untuk pengembangan aplikasi web
profil mykp v1 ke versi berikutnya adalah.
1. Layout web profil mykp v1 belum sepenuhnya responsif, jadi untuk
meningkatkan pengalaman pengguna alangkah baiknya jika dibuat
responsive, sehingga dapat dijalankan dengan proposional dari berbagai
macam dimensi perangkat digital seperti mobile, tablet, laptop maupun PC.
2. Pada halaman contact bagian konten alamat dan sosial media masih
menggunakan gambar sebagai icon, alangkah baiknya jika dibuatkan
interface khusus untuk menginputkan alamat beserta social media, karena
pada web profil mykp v1 bisa dikatakan masih pinjam editor untuk input
artikel yang identik dengan paragraph yang panjang.
48
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, R., 2015, Web Programming is Easy, PT. Elex Media Komputindo,
Jakarta.
Ahmadi, C., Hermawan, D., 2013, E-Business & E-Commerce, Andi, Yogyakarta.
Asror, M., Azis, RA., Zaman, EASN., Dasniswari, RT., Suryani, 2017, Web Profil
Smp Muhammadiyah 2 Bambanglipuro Dengan Framework Laravel, Laporan
Kerja Praktek, Teknik Informatika, STMIK El Rahma, Yogyakarta.
Haryanto, D., Septiandi, William, Dr. Ir. Suroso, JS. M.Eng., 2015, Analisis dan
Perancangan Sistem Informasi Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE)
Berbasis Multimedia, Tesis, Teknik Informatika, BINUS University, Jakarta
Barat.
Herlawati, PPW., 2011, Menggunakan UML, Informatika Bandung, Bandung.
Irnawati, Ekawati, D., Nugroho W., 2014, Pengenalan Dasar Perancangan, Desain
dan Pembuatan Sistem Informasi Rekam Medis pada Klinik Rawat Jalan, CV.
Trans Info Media, Jakarta.
Irsyad M., Slamet S., Susanto A., 2012, Perancangan Website Sekolah Pada
Subsystem User Interface, Jurnal, Sekolah Tinggi Teknologi, Garut.
Khurriyatur, Rosyida, 2013, Perancangan Interaktif Company Profile PT. Simpati
Global Surabaya, Tesis, Teknik Informatika, STIKOM, Surabaya.
Nugraha A., 2010, Cara Mudah Membangun Aplikasi PHP, Mediakita, Jakarta.
Putri, NH., Prasetyo, YA., Adytia, P., 2014, Membangun Web Portal Pariwisata
“GOTRIP” Menggunakan Metode Waterfall dan Framework Codeigniter,
Skripsi, Teknik Informatika, Telkom University.
Rosa SA., Shalahuddin M., 2014, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan
Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.
Sutanta, E., 2011, Basis Data dalam Tinjauan Konseptual, CV. Andi Offset,
Yogyakarta.
Wisata, BC., 2017, Pembuatan Web Company Profile Pada Pt Viva Victory Properti,
Laporan Kerja Praktek, Manajemen Informatika, STMIK El Rahma,
Yogyakarta.
Wiswakarma K., 2010, 9 Langkah Menjadi Master Framework CodeIgniter,
Lokomedia, Yogyakarta.